IT Paradox - Tantangan Dibalik Pesatnya Kemajuan Teknologi Informasi

IT Paradox - Tantangan Dibalik Pesatnya Kemajuan Teknologi Informasi

Apa itu IT paradox?

Evolusi kemajuan teknologi informasi saat ini berpacu kencang dengan kemajuan teknologi komputer, hampir tidak bisa kita hindari karena teknologi telah mulai mengambil alih semua tugas kita sehari - hari. Banyak dampak yang telah kita dapatkan baik itu yang baik maupun yang buruk, semuanya harus kita hadapi dan telah menjadi tanggung jawab besar bagi para praktisi IT dewasa ini. Namun hal yang paling krusial adalah bahwa pada kenyataannya tanggung jawab besar ini harus berdampak besar juga dan ditanggung oleh banyak orang sebagai konsekuensi penerapan teknologi informasi, sebut saja teknologi kedokteran, teknologi transportasi, teknologi pada sistem keamanan kerja dan masih banyak lagi yang lainnya yang menyangkut hidup banyak orang.

IT Paradox merupakan sebuah kondisi dimana adanya ketimpangan antara pengembangan teknologi informasi dan pelaksana dari teknologi informasi tersebut. Tarik kembali pada beberapa tahun yang lalu ketika komputer masih menggunakan sistem operasi DOS, user yang bekerja menggunakan komputer dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik agar dapat mengoperasikannya. Hal ini berbanding terbalik dengan keadaan sekarang , ketika pengembangan teknologi informasi semakin rumit karena ahli IT dituntut untuk menghadirkan teknologi yang semakin hari semakin bersahabat dengan penggunanya dan lebih mudah untuk dioperasikan, sementara disaat yang bersamaan hal ini berdampak pada kemunduran dari pengetahuan dan kemampuan dari para pengguna teknologi itu sendiri.


Tak terhitung berapa banyak jumlah uang yang dikeluarkan untuk melakukan investasi dalam penerapan teknologi informasi disetiap bidang, pertanyaannya sekarang adalah apakah itu pantas?apakah investasi ini berjalan sesuai dengan yang diinginkan oleh para investor?bagaimana dampaknya pada kemajuan bisnis?

Apa saja faktor penyebab IT paradox bisa terjadi?

Kerap kali IT paradox menjadi sebuah alasan yang sangat tepat ketika penerapan teknologi informasi dianggap gagal, ketidakmampuan dan ketidaksiapan pegawai dari sebuah perusahaan dalam menerima perubahan sistem dari manual menjadi berbasis teknologi. Beberapa kasus yang terjadi ketika terjadi kesalahan dalam menggunakan teknologi informasi ternyata disebabkan oleh mereka yang menggunakan tidak mengerti bagaimana sistem bekerja,sebut saja misalnya kesalahan dalam hal input data, ketidak-tahuan user akan spam, click bait, trojan, ad-spyware, malware, dan lain sebagainya membuat kerentanan sistem disebabkan oleh orang dari dalam institusi atau perusahaan itu sendiri.

Bagaimana cara untuk menghindari terjadinya IT Paradox

Seoarang IT Manager harus jeli memandang masalah IT Paradox ini, harus mampu untuk memetakan setiap permasalahan serta kebutuhan yang harus diselesaikan secara terstruktur dan baik, mengerti skala prioritas kebutuhan penerapan IT dari institusi tempatnya bekerja. Kemudian perancangan IT-Policy yang baik juga merupakan unsur penting dalam hal ini serta keharusan update informasi dengan melakukan training ataupun workshop kepada karyawan yang bersangkutan mengenai penerapan teknologi terbaru agar dapat secara maksimal digunakan dengan baik. Sehingga kedepannya penerapan IT tidak lagi menjadi boomerang bagi mereka yang telah melakukan investasi secara besar - besaran dibidang teknologi informasi.

No comments

Silahkan berkomentar dengan attitude yang benar. Dilarang keras untuk SPAM, Menautkan LINK yang ilegal dan berkomentar yang mengandung unsur SARA.!!!Terima kasih untuk kerjasamanya.

Powered by Blogger.