Digital Forensic Dalam Dunia Bisnis

We live in a digital world!

Digital forensik dewasa ini dan dimasa yang akan datang akan menjadi salah satu teknologi yang akan memainkan peranan penting, hal ini karena dampak pesatnya pertumbuhan teknologi. Satu alasan yang harus kita sadari saat ini adalah "We Live In A Digital World" dimana teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari - hari. Dalam kaitannya dengan hukum, peranan digital forensik sudah sangat jelas yaitu membantu proses pengungkapan kejahatan agar lebih jelas dan terang duduk perkaranya. Hal ini berkaitan dengan bukti digital yang harus diolah dan dianalisa dengan teknik tertentu agar dapat dihadirkan didalam pengadilan dan mengungkap sebuah kasus kejahatan.

Digital Forensic Dalam Dunia Bisnis

Peranan Digital Forensics dalam dunia bisnis modern

Didalam dunia bisnis, baik itu bisnis dengan skala kecil maupun besar akan selalu ada saja konflik atau obstacle yang terjadi dan akan terdapat pertanyaan - pertanyaan dibenak setiap orang, siapa yang melakukan kesalahan, apa penyebabnya, kapan terjadinya, bagaimana hal itu dapat dilakukan? dan untuk melewati semua itu, permasalahan seperti ini harus segera diselesaikan dengan baik secara cepat dan tepat agar bisnis dapat berjalan dengan baik lagi dan segera melupakan permasalahan yang telah terjadi. Permasalahannya adalah data dari perusahaan merupakan hal yang sangat sensitif apalagi jika terjadi kesalahan dan menyangkut dengan kepercayaan dari para kliennya. Disinilah perananan para konsultan dari Digital Forensik untuk dapat menjadi private konsultan dari perusahaan tersebut dan tentu saja membantu perusahaan untuk menyelesaikan permasalahannya. Beberapa alasan kenapa Digital forensik dibutuhkan dalam dunia bisnis?
  • mengindentifikasi akses ilegal yang dilakukan oleh karyawan baik dari internet, intranet ataupun akses ilegal pada file penting dari perusahaan.
  • menganalisa pola umum dari perilaku karyawan dalam pemanfaatan IT.
  • mengidentifikasi penipuan yang dilakukan karyawan, termasuk menelusuri file - file yang terkait dengan penipuan, analisis registry, ataupun penyalahgunaan alamat IP.
  • menulusuri pengambilan data dan file ilegal dengan mengcopy file tersebut ke penyimpanan eksternal oleh para karyawan.
  • mencari tahu file - file yang sengaja dihapus karena terkait fraud oleh karyawan termasuk juga mengembalikan kembali file yang sudah terhapus.
  • menyusun sebuah kebijakan IT untuk mencegah terjadinya fraud dalam sebuah perusahaan.
  • membantu membangun lingkungan kerja yang baik pada perusahaan agar tercipta lingkungan yang sesuai dalam rangka menghindari terjadinya fraud.

Seberapa krusial penerapan digital forensics?

Beberapa point diatas memberikan kita gambaran betapa pentingnya digital forensic bagi dunia bisnis saat ini, sekarang adalah tergantung dari perusahaan tersebut apakah akan memberi ruang bagi terjadinya fraud ataukah sebaliknya akan berani melakukan pencegahan dan penanggulangan, yaitu dengan memberikan kepercayaan penuh kepada konsultan digital forensic untuk melakukan tugasnya?

2 comments:

  1. wuah sangad menginspiransi sekali blog ini! Semoga terus di update kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak mas dimza jouly atas apresiasinya,.semoga bisa berguna untuk orang banyak...cheeersss...!!!

      Delete

Silahkan berkomentar dengan attitude yang benar. Dilarang keras untuk SPAM, Menautkan LINK yang ilegal dan berkomentar yang mengandung unsur SARA.!!!Terima kasih untuk kerjasamanya.

Powered by Blogger.