Mendulang Dollar Dari YouTube

YouTube menggantikan televisi

Mendulang Dollar Dari YouTube
YouTube merupakan website media berbagi video gratis terbesar di dunia saat ini. Dikembangkan pertama kali oleh 3 mantan pegawai paypal pada tahun 2005 dan kemudian dibeli oleh google pada tahun 2006. Saat ini youtube semakin berkembang bahkan sangat berkembang karena mereka selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memperbaiki setiap layanan mereka. Selain memberikan layanan gratis bagi penggunannya, youtube juga memberikan pilihan bagi usernya untuk membuat video yang diupload dapat menghasilkan uang melalui iklan sponsor mereka dengan cara menanyangkan secara embedded pada setiap video yang diupload. Di eropa dan berbagai negara maju lainnya youtube telah mampu menggantikan fungsi dari televisi, ini dikarenakan setiap orang diberikan pilihan atas informasi apa dan tontonan seperti apa yang mereka bisa lihat yang tentu saja sangat berbeda jauh dengan fungsi televisi sendiri karena kita tidak dapat menentukan pilihan akan tontonan yang kita mau karena semuanya telah terprogram dan diatur sesuai pasar yang saat itu sedang banyak digemari masyarakat.

Saat ini pengguna dari youtube sangat luas, bukan hanya dari sisi individual saja seperti diawal perkembangannya melainkan sudah digunakan oleh banyak kalangan dengan berbagai fungsi dan tujuan, sebut saja perusahaan - perusahaan besar dunia dalam rangka memasarkan produk bisnisnya, recording company musik yang mulai menjadikan youtube sebagai tempat mereka menjual hasil karya dari artis yang mereka miliki, bahkan perusahaan televisi yang mulai menjadikan youtube sebagai tempat untuk mereka memasarkan content dari acara yang mereka miliki.

Tidak terkecuali di Indonesia, saat ini banyak sekali orang - orang yang mulai berlomba untuk membuat content terbaik dari channel yang mereka miliki untuk sekedar memenuhi hasrat kreatifitas yang mereka miliki sampai kemudian menjadi benar - benar profesional youtubers untuk menghasilkan uang bagi hidup mereka. Banyak kemudian orang berlomba - lomba membuat vlog pribadi kehidupan mereka, ini menjadi hal yang biasa dan bahkan menarik jika yang melakukannya memang merupakan public figure atau artis yang banyak orang tunggu akan cerita kehiduapan mereka sehari - hari apalagi bagi fans yang mereka miliki. Hal ini menjadi sedikit mengganggu ketika sebagian orang ikut berlomba - lomba membuat vlog yang isinya sangat tidak jelas dan lebih ironi lagi jika banyak dari kita yang menjadi subscribernya.


Dollar dari youtube, mitos atau fakta?

Jika banyak dari perusahaan bahkan artis dan public figure rela menginvestasikan banyak waktunya untuk youtube, pertanyaannya adalah apakah itu sepadan?apakah youtube benar - benar menghasilakn dollar?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada dibenak kita semua, saya akan mencoba membahasanya sedikit, apakah ini hanya sekedar mitos ataukah fakta?

Beberapa waktu yang lalu kebetulan saya diminta klien untuk melakukan analisis pendapatan yang mungkin bisa diperoleh dari youtube dan kemudian hal ini juga yang akhirnya melatarbelakangi saya untuk menulis artikel ini. Saya akan mencoba mengambil sample dari artis dan youtubers Indonesia yang cukup fenomenal saat ini, tanpa bermaksud buruk semoga saja yang bersangkutan berkenan jika artikel ini akhirnya sampai mereka baca. Langsung saja ke analisis dibawah ini:

Sule Youtube Channel

Mendulang Dollar Dari YouTube

Bayu Skak Channel

Mendulang Dollar Dari YouTube

Perlu digaris bawahi bahwasanya analisis diatas merupakan analisis mentah, angka estimasi pendapatan yang didapat berdasarkan nilai standart impresion dan total views dari channel maupun the best view videonya. Bisa saja hasil yang didapat lebih dari itu karena penghasilan dari adsense youtube juga tergantung dari region negara asal pengunjung dari penontonnya dan bisa saja kurang dari nilai tersebut jika monetizenya dimulai dari angka 2000 views artinya total views tidak valid disini dan masih banyak lagi komponen yang menentukan pendapatan dari adsense youtube. Untuk mendapatkan angka pastinya harus dilakukan audit langsung dengan pemilik channelnya agar mendapatkan data yang bisa dibandingkan. Satu lagi hal yang harus diperhatikan karena channel - channel profesional seperti diatas biasanya telah di monetize secara profesional oleh pihak ketiga yaitu MCN official partner yang mereka percaya yang biasanya menerapkan nilai kurang lebih 30% sharing profit, termasuk 2 channel sample data diatas yang juga telah di monetize oleh pihak ketiga yang tidak bisa saya share disini, karena saya rasa itu merupakan rahasia bisnis mereka masing - masing yang perlu kita hargai bersama.

Analisis data diatas dapat memberikan gambaran kepada kita semua bahwasanya dijaman modern saat ini rezeky bisa dicari darimana saja, termasuk halnya dari youtube. Dua channel diatas bisa kita jadikan motivasi jika ingin sukses di youtube, karena semuanya bukanlah mitos, jika kita bukan seorang public figure bisa jadi kita menggunakan youtube untuk berbagi keahlian yang kita punya, misalnya dengan membuat video tutorial DIY, atau cara kreatif lainnya
Powered by Blogger.