INetSim, Meng-OFFLINE-kan Internet.

Apakah INetSim itu?

INetSim, merupakan Internet Simulator. INetSim berjalan pada arsitektur sistem operasi linux, INetSim berfungsi untuk mensimulasi jaringan internet sehingga dapat digunakan secara offline. INetSim sangat baik digunakan sebagai solusi ketika kita akan melakukan simulasi jaringan internet dan penelitian yang terkait dengan dunia jaringan. INetSim juga menjadi solusi yang bagus ketika kita akan melakukan penelitian terhadap aktivitas dari sebuah malware, hal ini dikarenakan kita dapat memanipulasi seakan - akan jaringan yang kita gunakan terhubung ke internet sehingga membuat malware berjalan dengan maksimal. Simulasi seperti ini sangat membantu dan diperlukan ketika kita akan meneliti aktivitas malware, agar data yang ada didalam perangkat komputer kita tetap aman dan malware tidak mengirimkan informasi apapun yang kita miliki ke servernya. Untuk menggunakan INetSim, kernel linux terlebih dahulu harus diupdate dan kemudian melakukan installasi dari INetSim langsung menggunakan perintah melalui repository dari linux itu sendiri. Jika kita menggunakan skema jaringan menggunakan virtual machine, terlebih dahulu harus melakukan setting jaringan lokalnya agar IP dapat saling terhubung.

INetSim, Meng-OFFLINE-kan Internet.

Gambar diatas, adalah ketika kita menjalankan INetSim untuk pertama kali, dimana INetSim akan melakukan konfigurasi service yang akan ikut digunakan dalam simulasi serta melakukan setting IP jaringan.


INetSim, Meng-OFFLINE-kan Internet.


Testing jaringan INetSim

Untuk melakukan test jaringan INetSim yang telah kita jalankan, cukup memasukkan alamat URL dibrowser kita. Jika jaringan INetSim telah terhubung dengan baik dan benar, maka browser akan menampilkan pesan dari INetSim bahwa jaringan terhubung pada  INetSim server fake mode seperti yang ditampilkan pada gambar diatas. Setelah tahapan ini dilakukan, itu artinya kita telah berhasil menjalankan INetSim dengan benar dan siap untuk melakukan simulasi analisa jaringan ataupun penelitian terhadap malware.

No comments

Silahkan berkomentar dengan attitude yang benar. Dilarang keras untuk SPAM, Menautkan LINK yang ilegal dan berkomentar yang mengandung unsur SARA.!!!Terima kasih untuk kerjasamanya.

Powered by Blogger.