Digital Forensics Menjelang Krisis

40 tahun perkembangan digital forensics

Beberapa waktu yang lalu ketika berselancar didunia maya, saya menemukan sebuah infographic yang sangat menarik, yang berisi bagan informasi tentang perjalanan panjang dari sejarah perkembangan ilmu Digital Forensics. Hal ini sangat menggelitik saya untuk mencoba memberikan sudut pandang saya terhadap infographic tersebut. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang topik ini, jika ada dari teman - teman disini yang baru mulai untuk mempelajari tentang ilmu Digital Forensics, dapat membaca dahulu artikel saya yang satu ini Sejarah Perkembangan Digital Forensic, dibawah ini merupakan gambar yang saya maksudkan.


Digital Forensics Menjelang Krisis


Benarkah digital forensics berpotensi menjelang krisis?

Menurut informasi pada gambar tersebut, era Digital Forensics akan semakin sulit kedepannya bahkan bisa dikatakan 'menjelang krisis'. Teori ini sangat masuk akal dan bisa saja terjadi mengingat ilmu Digital Forensics bersifat incident response, hal ini merupakan imbas dari pesatnya perkembangan teknologi. Pada saat pertama kali Digital Forensics digunakan dalam ranah investigasi dan dihadirkan sebagai alat bukti yang sah didalam peradilan, data yang akan dianalisis tidaklah sebesar dan sebanyak sekarang, kemudian arsitektur dari sebuah sistem komputer juga tidak sekompleks sekarang dan tentu saja tidak akan memakan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil dari investigasi terhadap barang bukti digital yang digunakan.

Saat ini ketika kita telah memasuki era Big Data, dimana data sekarang sangatlah besar dan teknologi penyimpanan semakin canggih dengan diperkenalkannya teknologi Cloud. Tantangan yang dihadapi oleh ahli Digital Forensics dan investigator semakin berat, kemudian belum lagi harus berhadapan dengan arsitektur sistem komputer yang semakin canggih dan kompleks membuat proses akuisisi data bukti digital semakin sulit serta membutuhkan waktu yang cukup lama, walaupun teknologi yang digunakan dalam Digital Forensics juga telah merespons akan hal tersebut.Artinya dalam sudut pandang saya pribadi, saya cukup sependapat dengan hal ini.

Kesimpulan dan sudut pandang

Sudut pandang pada infographic ini cukup menarik dan tentu saja akan ada pro dan kontra yang akan mengikutinya, kabar buruknya adalah bahwa hal ini sangat bisa diterima dan merupakan kenyataan yang benar serta fakta nyata yang dihadapi oleh banyak ahli Digital Forensics saat ini, namun terdapat juga sisi positifnya yaitu bahwasanya orang yang memilih konsentrasi ilmu ini tidak akan pernah habis bahan pembahasannya dan akan selalu berkembang mengikuti pesatnya kemajuan teknologi informasi, artinya hal ini merupakan tantangan yang bagus dan baik dimasa yang akan datang.

No comments

Silahkan berkomentar dengan attitude yang benar. Dilarang keras untuk SPAM, Menautkan LINK yang ilegal dan berkomentar yang mengandung unsur SARA.!!!Terima kasih untuk kerjasamanya.

Powered by Blogger.