Mengubah Hak Akses Telnet Router f660 Indihome

Kerentanan atau vulnerability dari router indihome f660



Mengubah Hak Akses Telnet Router f660 Indihome
Saat ini baik itu diperumahan, perkantoran, sekolah, dll..banyak sekali diantara kita yang telah menggunakan jasa internet indihome ini. Hal ini akhirnya membuat banyak orang yang mencoba mengeksploitasi kerentanan dari router yang digunakan untuk produk ini. Motivasi yang dimiliki sangatlah beragam, apakah itu iseng, ingin mengambil alih router dari tangan seorang administrator atau banyak lagi motif dibalik kegiatan ini. Sebagai seorang user dan admin jaringan tersebut, hal ini sudah pasti sangat menganggu bahkan bisa saja merugikan. Sayangnya kerentanan yang dimiliki oleh device router ini tidak hanya dari mudahnya untuk mengakses sistem telnet dari router ini, yang dapat digunakan untuk mengubah password dari admin, tetapi juga terdapat bugs dari sistemnya sendiri yang sewaktu - waktu mereset sendiri password yang dimiliki admin untuk mengakses sistem admin web dari router.

Mengubah hak akses username admin telnet dari router indihome f660

Perlu diketahui bahwasanya router indihome f660 ini memiliki password akses telnet yang disetting secara default oleh pabrikannya dan melalui sistem telnet ini kita dapat mengetahui informasi tentang username dan password dari sistem admin router ini (tidak akan saya bahas disini, karena sudah banyak blog lain yang mengulasnya), sehingga jika kita tidak melakukan penggantian passwordnya akan sangat mudah untuk user lain mengakses sistem telnet indihome f660 ini dan mengubah password akses admin via web interfacenya. Cara untuk mengubah hak akses telnet dari router f660 ini adalah sebagai berikut:
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah kita harus terhubung pada jaringan baik itu melalui kabel LAN maupun Wifi dari router f660 milik indihome
  2. Kemudian tahap yang kedua adalah mengakses sistem melalui telnet dengan cara menjalankan command prompt pada komputer/laptop kita, lalu mengetikkan perintah sebagai berikut: > telnet 192.168.1.1 (IP ini adalah IP gateway dari jaringan kita), kemudian kita akan segera terhubung ke sistem telnet dari router seperti pada gambar berikut ini:
    Mengubah Hak Akses Telnet Router f660 Indihome
  3. Langkah ke 3 adalah memasukkan username login dan password default dari sistem telnet router f660, yaitu username login = root dan passwordnya = Zte521, kemudian tampilan akan berubah seperti gambar dibawah ini:
    Mengubah Hak Akses Telnet Router f660 Indihome
  4. Untuk mengetahui username dan password dari telnet yang dimiliki router f660 ini kita dapat mengetikan perintah sebagai berikut: # sendcmd 1 DB p TelnetCfg, sehingga tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini:
    Mengubah Hak Akses Telnet Router f660 Indihome
  5. Untuk mengubah password dari login telnet ini kita perlu memasukkan perintah sebagai berikut : # sendcmd 1 DB set TelnetCfg 0 TS_UPwd test, "test"" merupakan password baru yang kita kehendaki dan dapat diisi dengan kata apa saja yang kita inginkan. Selesai memasukkan perintah ini, secara otomatis password akan langsung berubah. Lebih lengkapnya dapat kita lihat pada gambar dibawah ini:
    Mengubah Hak Akses Telnet Router f660 Indihome
  6. Jika sudah menerapkan semua langkah - langkah diatas dengan benar, artinya tidak ada pesan error atau kesalahan yang muncul artinya kita sudah berhasil mengubah password dari login telnet router kita. Langkah berikutnya yang merupakan langkah terakhir adalah memasukkan perintah save untuk menyimpan password yang sudah kita ubah dan kemudian memasukkan perintah restart, untuk melakukan restart pada router agar password dapat disimpan dan berjalan dengan baik kembali. Perintahnya sebagai berikut:
    • # sendcmd 1 DB save
    • # reboot
Aktifitas ini perlu dilakukan ketika kita sebagai admin kehilangan hak akses kita untuk melakukan setting jaringan dengan mengakses router f660, ataupun dapat dilakukan ketika kita pertama kali memasang jaringan internet indihome dengan router f660 agar dapat terhindar dari perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab. Segala aktifitas ilegal diluar rekomendasi tulisan ini adalah bukan tanggung jawab penulis, saya sebagai penulis berharap pembaca dapat dengan bijak memanfaatkan tulisan ini dan menggunakannya dengan kepentingan yang baik. Jika terdapat pertanyaan terkait tulisan diatas, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar pada tulisan ini. Terima Kasih.
Powered by Blogger.