Mobile Forensics

Mobile Forensics

Apa itu Mobile Forensics?

Mobile Forensics merupakan ilmu atau keahlian dalam proses dan mengelola barang bukti digital yang berasal dari mobile devices, handphone/cell-phone, tablets, dan berbagai istilah serta varian sejenis lainnya dengan metode yang dapat dipertanggung jawabkan. Pada prinsipnya mobile forensics memiliki kesamaan metode dengan digital forensics yang sudah ada, hanya saja kita mengubah point of view dari target bukti digital yang biasanya terdapat pada perangkat komputer desktop atau laptop kemudian dialihkan pada perangkat telepon bergerak atau mobile devices, perbedaan yang sangat besar adalah pada sisi teknis pelaksaannya. Mobile forensics merupakan respon digital forensics terhadap perkembangan teknologi informasi yang telah mengevolusi perangkat komputer tradisional menjadi komputer tablet dan dunia telekomunikasi yang telah mengaplikasikan komputer dengan sangat baik sehingga menjadi smartphone. Sehingga ketergantungan manusia terhadap perangkat telekomunikasi saat ini sangatlah besar, karena hampir semua tugas sederhana dari prinsip kerja komputer telah dapat diaplikasikan. Kemajuan teknologi ini juga mempengaruhi perubahan gaya hidup dan cara bersosialisasi masyarakat modern saat ini, yang mau tidak mau juga banyak melibatkan teknologi ini dalam setiap aktivitas manusia baik itu positif dan negatif termasuk diantaranya aktivitas yang berhubungan dengan kejahatan. Banyak modus operandi yang terjadi dengan melibatkan perangkat telekomuniasi bergerak bahkan popularitas smartphone juga menjadi ladang baru yang sangat menarik bagi hacker dalam kejahatan dunia maya.

Sejak pertama mobile devices mulai dihadirkan dalam persidangan dan menjadi barang bukti hukum yang sah dengan teknologi yang sangat jauh tertinggal dari smartphone saat ini, tantangan yang dihadapi oleh investigator digital forensics semakin hari semakin kompleks karena teknologi yang mengikutinya juga semakin lama semakin berkembang. Perbedaan mobile device tentu berbeda juga karakteristik dari hardwarenya, berbeda juga arsitektur dari sistem operasinya dan berbeda teknologi celullarnya. Butuh keahlian yang khusus dan proses belajar yang cukup mendalam untuk dapat menjadi ahli dibidang ini.

Basic knowledge yang harus dimiliki untuk menjadi seorang ahli dalam mobile forensics?

Mobile Forensics

Seorang ahli mobile forensics harus mengerti dan paham mengenai apa itu mobile phone dan berbagai jenisnya, apa saja sistem operasi yang terdapat dalam mobile phone tersebut, mengerti bagaimana mobile forensics itu dilakukan serta prosesnya, tahu apa saja tools software dan hardware yang harus digunakan pada masing - masing jenis dari mobile phone dan sistem operasinya. Untuk mencakup semua ilmu pengetahuan yang diperlukan ini, seorang ahli mobile forensics harus peka terhadap perkembangan teknologi dari mobile phone.

Potensi mobile devices sebagai alat kejahatan.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan mobile devices saat ini, kemajuan teknologi seakan membuat komputer dalam genggaman kita. Berbagai potensi manfaat dari mobile devices baik itu buruk maupun positif seiring mengikuti para penggunanya. Terkait dengan bahasan kita pada artikel ini yaitu mobile forensics, maka apa saja potensi kejahatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah mobile devices, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Penyebaran pornografi (gambar dan video)
  • transaksi data rahasia dari perusahaan
  • sms dan mms berbau ancaman
  • kloning SIM data untuk penipuan
  • spamming
  • penyebaran virus dan trojan yang bertujuan untuk aktivitas ilegal

Informasi penting sebagai alat bukti digital terkait mobile forensics

Tujuan utama dari mobile forensics adalah mencari dan menggali berbagai informasi yang terkandung dalam mobile devices yang berpotensi sebagai alat bukti digital untuk kemudian dianalisa dan diolah agar dapat dihadirkan ke tengah persidangan sebagai alat bukti yang sah tanpa mengurangi kaedah dari aturan dan metode digital forensics sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan. Berikut adalah beberapa hal penting yang dapat berpotensi menjadi bukti digital dalam digital forensics secara umum (belum termasuk berbagai aplikasi smartphone teknologi terbaru):
  1. Call history, phonebook, informasi data dari SIM card
  2. SMS dan MMS
  3. Internet Setting (GPRS & WAP)
  4. Network informasi (GPS location)
  5. Email, memo, calender events
  6. Aktivitas browsing
  7. Photo, audio files dan video, audio recording
Banyaknya informasi yang bisa didapat dan besarnya potensi yang dimiliki oleh informasi tersebut untuk membuka tabir sebuah investigasi menjadikan mobile forensics salah satu elemen yang penting didalam digital forensics saat ini. Pesatnya kemajuan teknologi mobile devices dan semakin bertambahnya pengguna dari mobile devices itu sendiri membuat mobile forensics sangat menantang dan menjadi lahan yang menjanjikan sebagai sebuah profesi dimasa yang akan datang. Sehingga pengetahuan ini sangatlah layak jadi pilihan bagi kita yang bergelut didunia digital forensics khususnya dan dunia IT pada umumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi orang banyak dan dapat menjadi gambaran sederhana tentang apa itu Mobile forensics.  

No comments

Silahkan berkomentar dengan attitude yang benar. Dilarang keras untuk SPAM, Menautkan LINK yang ilegal dan berkomentar yang mengandung unsur SARA.!!!Terima kasih untuk kerjasamanya.

Powered by Blogger.